howard hermes consulting

Karakteristik seperti manakah yang paling mungkin menunjukkan bahwa anda adalah seorang pemimpin yang sukses?

Ketika Anda memikirkan para pemimpin ikonik seperti Steve Jobs dan Elon Musk, mungkin karakteristik yang tepikirkan adalah karisma, kepercayaan diri yang tak tergoyahkan, dan keinginan yang tak pernah terpuaskan.

Akan tetapi tahukan anda bahwa ketika mendefinisikan pempimpin yang baik, ada beberapa sifat-sifat unik yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Berikut beberapa karakteristik unik seorang pemimpin sukses.

1. Pemimpin terbaik meragukan diri mereka sendiri.

Ini mungkin tampak berlawanan, tetapi belajar untuk menerima keraguan diri dan menerima kecemasan dapat memiliki dampak yang sangat positif pada keterampilan kepemimpinan. Keraguan diri membantu mencegah kita mengambil risiko yang terlalu besar, menimbulkan pertanyaan yang lebih kritis tentang tindakan kita sendiri, dan membuat keputusan yang lebih realistis.

Kunci untuk mengambil keuntungan dari keraguan diri adalah belajar untuk memisahkan kritik negatif pada diri anda dari pemikiran realistis yang mendasari Anda sehingga mendorong Anda untuk selalu memperbaiki diri. Keraguan diri menekan ego kita dan menjadikan kita lebih terampil beradaptasi dengan perubahan dan terus meningkatkan diri mereka sendiri.

2. Pemimpin terbaik bukanlah seorang super independen.

Potret konvensional seorang pemimpin yang terpikirkan adalah mereka sepenuhnya mandiri. Pada kenyataannya, pemimpin besar tahu mereka tidak bisa melakukan segalanya sendiri dan mereka juga tidak mencoba untuk mengerjakannya sendiri. Mereka menjalin hubungan yang sangat dalam dengan tim mereka, mencari pendapat yang saling berlawanan, dan menumbuhkan lingkungan yang kondusif untuk kesuksesan semua orang ,bukan hanya mereka sendiri.

3. Seorang pemimpin tahu kapan dan bagaimana harus melepaskan

Kepemimpinan terlalu sering dikaitkan dengan kekuasaan dan control secara penuh, tetapi prakteknya, pemimpin besar tahu kapan harus mundur dan melepaskan kekuasaan dan kontrol. Mengelola karyawan berarti menawarkan arah, bimbingan, dan dukungan , bukan sekedar menyuarakan otoritas dan mengawasi setiap detail.

Ketika pemimpin berkomunnikasi dengan karyawan mereka, mereka tidak harus terus-menerus mengawasi aktivitas karyawan. Mereka dapat mundur dengan percaya diri, mengetahui bahwa karyawan mereka mampu untuk menangani situasi tertentu dengan prinsip panduan yang telah dipersiapkan.

4. Pemimpin haruslah mudah diprediksi

Kualitas yang terbaik menunjukkan apakah seorang pemimpin akan sukses atau tidak bukanlah ekstroversi mereka ataupun kecenderungan mereka untuk membangkitkan perubahan. Tetapi adalah pemimpin yang dapat diprediksi. Ketika pemimpin dapat diprediksi, karyawan akan memiliki ruang untuk maju secara independen dan membuat keputusan tanpa perlu khawatir akan umpan balik yang diberikan sehingga mereka tidak harus menahan diri mereka ketika ada perubahan drastic pada lingkungan kerja.

5. Pemimpin menerima pandangan dari luar

Kita sering menilai pemimpin dari seberapa teguh mereka berdiri dengan pendapat dan prinsip mereka, tetapi seorang pemimpin yang baik adalah mereka yang dapat menerima masukan dan bukan menganggapnya sebagai kelemahan melainkan kunci kekuatan. Hal ini dapat membantu orang lain untuk memahami mengapa mereka tidak setuju akan suatu pandangan dan bagaimana pendapat mereka bisa berubah.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Howard Hermes Consulting

CONTACT US

Thank you for your interest in Howard Hermes Consulting. Please fill out the form below to ask a question or to report a technical problem.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?