howard hermes

Kita saat ini telah di hadapkan dengan Pandemi Covid 19 dimana setiap orang harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru seperti aktivitas keseharian, bekerja, aktivitas belajar, aktivitas beribadah, aktivitas bersosialisasi dan aktivitas belanja. Banyak yang dirugikan dari kebiasaan-kebiasaan baru tersebut, tetapi tidak sedikit pula yang di untungkan.

Sebagai pemimpin kita harus cepat dalam merespon hal tersebut. Krisis bisa jadi merupakan pembuktian seberapa hebat kepemimpinan Anda.

Sebagai pemimpin yang dihadapkan dengan situasi yang baru seperti sekarang ini membuat kita menjadi bingung pastinya, apakah keputusan yang diambil menimbulkan dampak positif atau malah merugikan perusahaan. Sebagai pemimpin yang hebat kita harus fokus ke satu sisi yaitu dengan fokus untuk menempatkan situasi yang terjadi saat ini sebagai sebuah peluang untuk semakin melesatkan tim dan perusahaan.

Selanjutnya, kita fokus dengan apa yang kita pilih, yang perlu kita lakukan adalah memastikan bahwa kita menempatkan diri ke dalam posisi yang tepat. Hal yang dibutuhkan oleh para pemimpin saat terjadi krisis adalah perilaku dan pola pikir yang dapat mencegah reaksi yang berlebihan terhadap krisis dan bagaimana menghadapi tantangan ke depan.

Membuat keputusan di tengah ketidakpastian yaitu Berhenti sejenak untuk menilai dan mengantisipasi, lalu bertindak menunggu terkumpulnya fakta yang lengkap sebelum memutuskan tindakan merupakan kesalahan umum yang dilakukan para pemimpin dalam masa krisis. Karena krisis melibatkan banyak kejutan dan hal yang belum diketahui, bisa saja fakta yang terkumpul belum cukup jelas saat tenggat pengambilan keputusan. Namun, para pemimpin sebaiknya juga tidak menggunakan intuisi mereka sendiri. Pemimpin lebih baik mengatasi ketidakpastian dan perasaan dengan terus mengumpulkan informasi seiring perkembangan krisis dan dengan mengamati seberapa baik respon yang telah diberikan berhasil.

Berkomunikasi secara efektif dengantetap melakukan transparansi dan memberikan pemberitahuan rutin para  pemimpin harus bisa mengkomunikasikan krisis dengan cara yang tepat. 

Pandemi covid 19 menguji para pemimpin perusahaan dan organisasi di semua sektor di seluruh dunia. Konsekuensi krisis ini dapat berlangsung cukup lama dan menimbulkan kesulitan yang lebih besar dari antisipasi semula. Ketidakpastian yang berkepanjangan merupakan wkatu yang tepat bagi para pemimpin untuk menunjukkan seberapa hebat kepemimpinan mereka

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Howard Hermes Consulting

CONTACT US

Thank you for your interest in Howard Hermes Consulting. Please fill out the form below to ask a question or to report a technical problem.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?