Konsep Perilaku Konsumen
Dalam berbisnis sangat penting untuk menelisik perilaku konsumen. Apa itu perilaku konsumen? Perilaku konsumen yaitu pendekatan tentang bagaimana seseorang maupun kelompok dalam memilih, membeli, mendapatkan, dan menggunakan jasa, produk, maupun layanan untuk memuaskan kebutuhan mereka.
Apa Tujuan dari Perilaku Konsumen?
Nah, tujuannya adalah untuk mencari tahu apa yang sebenarnya dikeluhkan, dilihat, didengar, dan diperlukan konsumen untuk menyelesaikan penjualan. Apalagi sebagai seorang pemimpin yang hendak membuka bisnis, pemilik bisnis haruslah cerdas dan mempelajari perilaku konsumen untuk mengembangkan bisnis mereka.
Bagaimana Karakteristik Perilaku Konsumen?
Untuk menelisik lebih jauh tentang perilaku perilaku konsumen, berikut disajikan beberapa karakteristik perilaku konsumen untuk mengembangkan bisnis Anda.
- Pengaruh Lingkungan
Konsumen membeli dan menggunakan produk, jasa, maupun layanan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Mereka menggunakannya atas dasar melihat, mendengar, dan membutuhkan. Misalnya, saat ini beberapa orang tua ingin membeli laptop untuk anaknya karena melihat kondisi pascapandemi dan teknologi yang semakin pesat untuk menunjang proses pembelajaran secara daring bagi anaknya. Para orang tua ini mungkin lebih cenderung membeli merek yang lebih banyak digunakan orang-orang.
- Perilaku Seseorang Maupun Kelompok
Suatu bisnis dapat mengidentifikasi konsumen seperti usia, jenis, kelamin, dan penghasilan. Ketika para pemilik bisnis sudah mampu mengidentifikasi tersebut, baru kemudian Anda bisa menyesuaikan tentang harga terendah hingga tertinggi yang sesuai dengan kemampuan finansial konsumen.
- Kualitas Jasa, Barang, dan Layanan
Seperti yang dikatakan sebelumnya, konsumen tidak hanya menggunakan sebuah produk, jasa, maupun layanan, namun mereka juga ingin membeli gaya hidup dengan menggunakan merek-merek tertentu. Pada bahasan sebelumnya, para orang tua membeli laptop tidak hanya untuk menunjang pembelajaran anaknya, namun mereka secara tidak langsung juga membeli gaya hidup.
- Kenyamanan
Kenyamanan menjadi kunci utama untuk menciptakan loyalitas konsumen. Di era sekarang, konsumen dapat membeli barang elektronik seperti laptop yang cukup memesannya secara online. Pemilik bisnis tentunya sangat diuntungkan karena lebih efisien.
- Culture Perusahaan
Dari loyalitas konsumen bisa menciptakan adanya culture perusahaan. Kok bisa? Iya, jadi loyalitas ini didasari karena para konsumen sangat peduli tentang siapa yang menjual produk yang selama ini mereka gunakan. Misalnya, konsumen lebih menyukai laptop dengan merek A karena produknya lebih keren dan awet. Inilah yang membuat konsumen membeli produk secara berulang, sehingga mengundang tindakan konsumen lainnya.