HR VS OD

Human Resources (HR) dan Organization Development (OD) adalah dua aspek penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Meskipun keduanya berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Human Resources (HR) bertanggung jawab untuk mengelola, mengembangkan, dan memotivasi sumber daya manusia dalam organisasi. Sedangkan Organization Development (OD) fokus pada pengembangan organisasi secara keseluruhan, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, proses bisnis, dan struktur organisasi.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara Human Resources (HR) dan Organization Development (OD):

  1. Fokus Kerja Human Resources (HR) berfokus pada manajemen sumber daya manusia, seperti perekrutan, pelatihan, pengembangan karir, manajemen kinerja, dan kebijakan karyawan. Organization Development (OD), di sisi lain, berfokus pada pengembangan organisasi secara keseluruhan, termasuk pengelolaan sumber daya manusia, proses bisnis, dan struktur organisasi. Organization Development (OD) melihat organisasi sebagai sistem yang kompleks dan berusaha untuk meningkatkan efektivitas organisasi secara menyeluruh.
  2. Lingkup Pekerjaan Tugas Human Resources (HR) lebih terfokus pada tugas-tugas operasional sehari-hari, seperti memproses gaji dan tunjangan, membuat kebijakan karyawan, dan menangani masalah konflik antara karyawan. Organization Development (OD), di sisi lain, terlibat dalam strategi jangka panjang, seperti perencanaan strategis, pengembangan bisnis, dan pengelolaan perubahan organisasi.
  3. Pengambilan Keputusan Human Resources (HR) biasanya terlibat dalam pengambilan keputusan taktis, seperti menentukan kebijakan karyawan dan rekrutmen. Organization Development (OD), di sisi lain, terlibat dalam pengambilan keputusan strategis, seperti memperluas bisnis ke pasar baru, mengubah struktur organisasi, atau mengimplementasikan program pengembangan karyawan.
  4. Pendekatan Human Resources (HR) cenderung memiliki pendekatan yang lebih tradisional dalam mengelola sumber daya manusia, dengan fokus pada aturan dan prosedur formal. Organization Development (OD), di sisi lain, memiliki pendekatan yang lebih inovatif dan fleksibel dalam memperbaiki proses organisasi. Organization Development (OD) berfokus pada memahami organisasi secara holistik dan mencari cara-cara inovatif untuk meningkatkan efektivitasnya.
  5. Peran dalam organisasi Human Resources (HR) sering kali menjadi departemen yang lebih terpisah dan berfungsi sebagai unit pendukung bagi organisasi. Organization Development (OD), di sisi lain, terlibat dalam proses pengambilan keputusan strategis dan seringkali menjadi bagian dari tim manajemen puncak.

Secara keseluruhan, Human Resources (HR) dan Organization Development (OD) adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Namun, masing-masing memiliki peran yang berbeda dalam mengelola sumber daya manusia dan mengembangkan organisasi secara keseluruhan. Untuk mencapai kesuksesan, organisasi harus memiliki strategi yang terintegrasi untuk mengelola keduanya secara efektif.

#HRvsOD #PerbedaanHRdanOD #ManajemenSDM #PengembanganOrganisasi #StrategiHR #StrategiOD #OptimalisasiSDM #TransformasiOrganisasi #KinerjaSDM #InovasiSDM

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

©2024 Howard Hermes Consulting

CONTACT US

Thank you for your interest in Howard Hermes Consulting. Please fill out the form below to ask a question or to report a technical problem.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?