Apakah anda tahu cara membangun sebuah Tim? Apa hal penting yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan sebuah tim? Dan bagaimana kita tahu seberapa efektif tim di organisasi kita saat ini?
dalam membangun sebuah tim hal yang paling dasar yang harus dilakukan adalah membentuk formasi sebuah tim. kemudian bagaimana cara agar aktivitas yang dilakukan tim tersebut menjadi efektif.
berikut beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam membangun sebuah tim
1. Membuat formasi tim
hal pertama yang bisa kita lakukan adalah membuat formasi tim kemudian perlu kita membagi sejulah anggota dengan kualifikasi yang seusai untuk mengisi setiap posisi di dalam tim tersebut. pastikan setiap posisi terisi oleh orang yang tepat.
2. Membuat aktivitas yang mampu meningkatkan efektivitas tim.
Buatlah aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas tim, dalam hal ini banyak sekali yang bisa dilakukan seperti FGD untuk melihat kekompakan maupun games-games kecil yang bisa dilakukan untuk mengukur seberapa efektif tim dalam berkolaborasi
dengan hal itu maka dapat memberikan manfaat dalam sebuah tim seperti, Mendorong & meningkatkan komunikasi tim, meningkatkan motivasi, Mendorong kreativitas setiap individu, dapat meminimalisir konflik, membangun sikap saling percaya dan mampu meningkatkan engagement dalam organisasi
Untuk itu sangat penting untuk kita mengetahui apa saja hal-hal penting yang harus kita perhatikan dalam membangun sebuah tim
1. Tetapkan tujuan yang jelas
Sebuah tim harus memiliki tujuan, mereka harus tau kemana mereka akan menuju, hal ini penting sekali untuk memulai langkah dalam membangun sebuah tim, Tetapkan pula indikator keberhasilan apa yang ingin dicapai sehingga setelah rangkaian aktivitas selesai, akan mudah bagi Anda dalam mengukur seberapa berhasil aktivitas team building yang telah dilakukan.
2) Susun rancangan
Setelah menetapkan tujuan dan indikator keberhasilannya, selanjutnya susun rancangan yang bisa secara efektif menyasar pada tujuan tersebut.
3) Kenali dan optimalkan setiap sumberdaya yang ada
Apa yang kita rencanakan pastikan sesuai dengan sumberdaya yang kita miliki, Jangan sampaim kita menginginkan sesuatu yang terlalu tinggi tetapi sumberdaya yang kita miliki tidak sepadan
4) Evaluasi efektivitas kerja tim
selanjutnya evaluasi efektivitas kinerja tim dengan melihat apakah hasil yang didapat sesuai dengan indikator yang telah Anda tetapkan di awal.
5) Perbaiki dan Lanjutkan
Setiap kesalahan pasti dapat diperbaiki, kita dapat belajar dari kesalahan yang terjadi, untuk membuat rencana yang lebih baik lagi